• INDEKS
  • Redaksi
BhinekaNews
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Bisnis
  • Sport
  • Edukasi
  • Nasional
  • Internasional
  • Sumut
  • Rileks
  • Ragam
  • Advetorial
  • Galeri
  • Video
Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Bisnis
  • Sport
  • Edukasi
  • Nasional
  • Internasional
  • Sumut
  • Rileks
  • Ragam
  • Advetorial
  • Galeri
  • Video
Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
BhinekaNews
Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Bisnis
  • Sport
  • Edukasi
  • Nasional
  • Internasional
  • Sumut
  • Rileks
  • Ragam
  • Advetorial
  • Galeri
  • Video
Home Bisnis

Integrated Monitoring Center, Digitalisasi Layanan PGN secara Realtime dan Terintegrasi

redaksi2
27 November 2023
/ Bisnis
676 13
WAShare on FacebookShare on Twitter

MEDAN -– PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina terus berupaya meningkatkan penanganan dan respon yang cepat terhadap keluhan pelanggan.

Salah satunya adalah dengan membuat tools yang dapat memonitoring proses bisnis untuk meningkatkan tingkat layanan kepada pelanggan secara real time dan terintegrasi, yakni Integrated Monitoring Center (IMOC).

BeritaTerkait

Lantik H. Adlin Tambunan Menjadi Ketua MES Sergai, Ijeck Harap MES Bisa Bantu Perekenomian Masyarakat

Pelatihan P3H Mathla’ul Anwar Sumatera Utara Batch 1 Sukses Digelar

Musa Rajekshah, MES Sumut Dukung Kemenkop Menghadirkan Koperasi Merah Putih Berpola Syariah

Keterangan tertulis diterima redaksi, Senin (27/11/2023) disebutkan, melalui IMOC, informasi mengenai kondisi penyaluran yang meliputi seluruh pelanggan dan infrastuktur serta niaga gas PGN dapat tersedia dengan cepat dan tepat.

Sehingga, sejumlah kurang lebih 935 BBTUD gas bumi yang disalurkan kepada 839.151 pelanggan PGN di 73 kota/kabupaten, dengan cakupan infrastrukur pipa gas bumi lebih dari 11.675 KM pun dapat terpantau secara langsung.

IMOC juga dapat menjadi wadah bagi pelanggan maupun calon pelanggan untuk bisa mendapatkan informasi secara rinci, mulai dari tata cara melakukan registrasi hingga dilakukannya gas in.

Hal ini berkaitan dengan rencana pengembangan Sambungan Rumah Tangga (SRT) oleh PGN dalam skala besar. Sampai saat ini, PGN telah mengembangkan jaringan gas rumah tangga sebanyak 834.165 Sambungan Rumah (SR).

“Dengan integrasi yang dilakukan pada platform aplikasi yang digunakan beberapa satuan kerja ini, diharapkan PGN dapat melakukan penanganan dan memberikan respon kepada pelanggan maupun calon pelanggan dengan lebih cepat dan akurat,” ucap Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini.

Ratih menjelaskan selama ini PGN senantiasa berusaha memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan maupun calon pelanggan, termasuk dalam upaya mendigitalisasi tools yang digunakan.

Hal ini sekaligus menjawab kebutuhan digital support Contact Center PGN dalam mengidentifikasi dan memberikan data secara detil meliputi lokasi gangguan, insiden, maupun emergency.

Selain itu, penanganan yang dilakukan Tim Penanganan Gangguan (TPG) dalam merespon gangguan yang terjadi pun dapat teroganisir secara digital dan diharapkan dapat berjalan dengan lebih efektif.

Ruangan IMOC, yang terletak di Kantor Pusat PGN ini, menjadi ruangan representasi yang dapat digunakan untuk memberikan paparan kepada pihak internal maupun eksternal mengenai kondisi penyaluran gas di wilayah operasi Subholding Gas.

Dengan menggunakan full monitor on wall, diharapkan informasi dapat tergambarkan secara lebih jelas.

Informasi yang tersedia di IMOC antara lain adalah data infrastruktur, pelacakan Tim Penanganan Gangguan, serta penyaluran gas, liquefied natural gas (LNG), dan compressed natural gas (CNG).

Kemudian terdapat juga dashboard mengenai penanganan voice of customers (VoC), data pelanggan, dan layanan pelanggan.

IMOC juga menyediakan informasi hasil pemantauan CCTV pada area kerja Subholding Gas, termasuk data terkait waktu dan cuaca.

Sehingga tim dapat merespon dengan cepat apabila terjadi keadaan darurat, yang mana merupakan salah satu wujud PGN dalam mengutamakan aspek safety.

PGN memulai perencanaan pembuatan ruang monitoring sekaligus pengelolaan pelanggan ini pada Juni 2023.

Pengerjaannya dilakukan selama kurang lebih lima bulan, hingga akhirnya first launching dapat dilakukan pada November 2023.

“Kami berharap Integrated Monitoring Center ini dapat menjadi solusi terintegrasi untuk meningkatkan pelayanan PGN kepada pelanggan maupun calon pelanggan secara lebih efektif dan efisien.” tutup Ratih. ( swisma)

Tags: Digitalisasi LayananIntegrated Monitoring CenterPGNRealtime dan Terintegrasi
SendShare336Tweet210Send
Sebelumnya

Program CSR RS Columbia Asia Medan Adakan Pengobatan Gratis

Selanjutnya

JNE 33 Tahun Gelorakan Gasss Terus Semangatnya

Terkait Berita

Lantik H. Adlin Tambunan Menjadi Ketua MES Sergai, Ijeck Harap MES Bisa Bantu Perekenomian Masyarakat

12 Mei 2025
1000

Pelatihan P3H Mathla’ul Anwar Sumatera Utara Batch 1 Sukses Digelar

06 Mei 2025
1k

Musa Rajekshah, MES Sumut Dukung Kemenkop Menghadirkan Koperasi Merah Putih Berpola Syariah

02 Mei 2025
1k

Dialog Keumatan, Pemko Medan Diminta Tidak Gunakan Produk yang Dukung Genosida di Gaza

26 Apr 2025
1.1k

Wamen Fahri: Dengan Satu Data BPS, Kementerian dan Lembaga Dapat Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

25 Apr 2025
1k

Dukung Rico Waas Kembangkan Produk Lokal, BSI Siapkan Sertifikasi Halal Gratis untuk 1.500 UMKM

23 Apr 2025
997

Popular

  • 20 Tahun Jualan Pisang Goreng, Pasutri Asal Sergai Naik Haji

    849 shares
    Share 340 Tweet 212
  • Reses Anggota DPRD Kota Samarinda Harminsyah P, SE : Hangat, Akrab dan Penuh Aspirasi Warga Sungai Keledang

    854 shares
    Share 342 Tweet 214
  • Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Demokrasi Dukung Kerjasama TNI Dan Kejagung

    847 shares
    Share 339 Tweet 212
  • Bobby Ajak Perindo Kolaborasi Sukseskan Program Pro Rakyat

    840 shares
    Share 336 Tweet 210
  • Ancam Masa Depan Generasi Bangsa, Judi di SMK Yapim Kecamatan Merek Tanah Karo Milik PS Resahkan Warga

    942 shares
    Share 377 Tweet 236
  • Jemaah Calhaj Kloter 13 Langsung Pakai Kain Ihram Sejak di Ahmed

    838 shares
    Share 335 Tweet 210
  • Salomo TR Pardede Akan Adukan Pemilik Biliard Terkait Pencemaran Nama Baik di Medsos

    841 shares
    Share 336 Tweet 210
  • Kisah Haru Pahrul, Gantikan Ayah Naik Haji Bersama Sang Ibu

    847 shares
    Share 339 Tweet 212
  • Bobby Dampingi Wapres Gibran Tinjau Pelayanan Kesehatan dan Pertanian di Humbahas

    844 shares
    Share 338 Tweet 211
  • INDEKS
  • Redaksi

© 2022 BhinekaNews.id - Merawat Keberagaman.

Tidak ditemukan.
Tampilkan seluruhnya.
  • News
  • Politik
  • Hukum
  • Bisnis
  • Sport
  • Edukasi
  • Nasional
  • Internasional
  • Sumut
  • Rileks
  • Ragam
  • Advetorial
  • Galeri
  • Video

© 2022 BhinekaNews.id - Merawat Keberagaman.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In