RADARNews, MEDAN- Memasuki masa liburan perayaan Hari Raya Natal 2021 dan menyambut Tahun Baru 2022 (Nataru), pemerintah telah menganjurkan masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan dan tetap mematuhi protokol kesehatan demi memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.
Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, mengantisipasi peningkatan kebutuhan aktivitas digital pelanggan di masa libur tersebut melalui optimalisasi dan operasional jaringan yang terintegrasi.
Berdasarkan analisa tren yang dilakukan, Indosat Ooredoo memprediksi kenaikan traffic data sebesar 20%-25% dibandingkan hari biasa, dengan peningkatan tertinggi diperkirakan terjadi di wilayah Bodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara.
Dalam keterangan tertulis diterima redaksi, Selasa (21/12/2021) disebutkan, kapasitas jaringan yang disiapkan adalah 44 PB (Petabyte) per hari, lebih dari cukup untuk melayani puncak lalu lintas data dengan maraknya platform yang menyuguhkan konten video.
Memasuki awal masa liburan Nataru 2021, Indosat Ooredoo telah mencatatkan kenaikan traffic data sebesar 10% secara nasional.
Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha, mengatakan, Indosat Ooredoo siap menemani pelanggan mengisi masa liburan akhir tahun mereka dengan jaringan yang handal dan optimal melengkapi beberapa inisiatif digital yang telah diluncurkan.
” Kami berharap masyarakat Indonesia dapat mengisi waktu liburan bersama keluarga dan orang terdekat dengan hal-hal positif dan tetap menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia. Baru-baru ini kami juga telah meluncurkan layanan 5G di kota kelima tahun ini yang menandakan kami siap mendukung transformasi digital Indonesia,” katanya.
Beberapa aktivitas peningkatan kualitas jaringan dilakukan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik dengan didukung lebih dari 70 ribu BTS 4G berkualitas video.
Indosat Ooredoo mengaktifkan Command Center fisik terpusat selama perayaan Nataru untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan selama 24/7 yang didukung Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/MRedine Learning) dan otomatisasi.
Peralatan & dasbor khusus telah disiapkan untuk pemantauan status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif.
Command Center juga melakukan pemantauan proaktif terhadap area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan traffic, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.
IMGaming, IMBeats, dan IMove untuk mendukung gaya hidup digital pelanggan .
Meningkatkan pengalaman digital pelanggan selama masa liburan, inisiatif digital Indosat Ooredoo yang telah diluncurkan sebelumnya pada 2021 ini siap untuk menemani pelanggan, mulai dari aplikasi streaming musik lokal, IMBeats; aplikasi one-stop gaming portal yang seru, IMGaming; hingga platform inisiatif kesehatan sosial pertama dengan konsep gamified sekaligus aplikasi gaya hidup unik, IMove.
Inovasi digital pada gaming, musik, dan olahraga tersebut menawarkan pengalaman hiburan digital yang memungkinkan interaksi pengguna yang kuat dan menyediakan hadiah kuota data dari Indosat Ooredoo.
Selain itu, Indosat Ooredoo juga telah mengintegrasikan beberapa e-wallet, termasuk OVO, GoPay, dan IMkas ke dalam aplikasi myIM3-nya.
Ke depannya akan ada opsi pembayaran e-wallet lainnya untuk mendukung platform UMB yang terintegrasi seperti ShopeePay, DANA, dan LinkAja.
“Semoga ekosistem digital lengkap yang kami sediakan dapat menjadi pilihan bagi para pelanggan mengisi keseruan liburan mereka. Kami akan memastikan jaringan Indosat Ooredoo siap mengantisipasi lonjakan traffic dan pergerakan pengguna selama masa perayaan Nataru serta memastikan tim operasional di lapangan dan Command Center siap memberikan respon yang cepat untuk memberikan pelayanan yang terbaik,” tutup Vikram.
Layanan pelanggan Indosat Ooredoo juga siap untuk menjawab pertanyaan dan menyelesaikan kendala yang dialami pelanggan dengan mengakses salah satu saluran pelanggan seperti Official IM3 WhatsApp (08551000185), aplikasi myIM3, website (www.indosatooredoo.com), Twitter (@IndosatCare), dan email (cs@indosatooredoo.com).
( swisma)